Tempat Wisata Malang Murah dan Gratis

Tahukah Anda bahwa Malang Raya, Jawa Timur ternyata menyimpan berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi, hal ini terbukti dari banyaknya destinasi wisata yang dapat membuat penikmat traveling bertandang ke sana.

Malang Raya adalah wilayah metropolitan yang merupakan gabungan dari tiga wilayah yakni Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wilayah ini juga menjadi wilayah terbesar ke dua setelah Surabaya.
Bisa dibilang, tempat wisata di malang Malang sangat lengkap, mulai dari pegunungan yang menawarkan kesejukan udara yang segar hingga pantai yang menawarkan hamparan lautan pasir yang luas dan sejuta keindahan panorama.

Yang lebih menariknya lagi, ternyata tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mengunjungi tempat wisata di Malang, karena di sana banyak juga tempat wisata yang menawarkan tiket dengan harga yang sangat murah, bahkan ada juga tempat gratis untuk dikunjungi oleh Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui di mana saja tempat wisata di Malang yang murah dan gratis, berikut ini ulasannya :

Tempat Wisata Alam di Malang

Pantai Clungup

Pantai Clungup berada sekitar 70 km dari pusat kota Malang, tepatnya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabutapaten Malang, Jawa Timur. Karena letaknya yang terpencil, tak heran banyak masyarkarat yang belum mengetahui keberadaan pantai ini, padahal pantai ini memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan.

Jalur menuju pantai ini sama dengan dengan jalur menuju ke pantai Sendangbiru, hanya sebelum mencapai pantai tersebut, pengunjung harus berbelok ke arah kanan, meniti jalur lintas selatan. Dari sana, nantinya pengunjung akan melihat petunjuk menuju pantai Clungup.

Sebelum masuk ke area pantai, nantinya pengunjung akan menemukan sebuah pos penjagaan, dan di sana seorang pengunjung diwajibkan membayar uang masuk. Dan di pos tersebut barang bawaan milik pengunjung juga akan diperiksa dengan teliti, pasal nya Pantai Clungup ini merupakan kawasan konservasi, sehingga setiap pengujung dilarang untuk membuang sampah sembarang.

Lokasi: Sendang Biru, Malang

Biaya masuk: Rp 5000

Transportasi umum:hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi melalui rute Pantai Sendang Biru lalu berbelok ke kanan ke Pantai Goa Cina lalu menempuh jalan setapak kira-kira 500 meter dengan berjalan kaki

Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak berada sekitar 64 km dari kota Malang, persisnya berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. tempat wisata Kondang Merak merupakan pantai yang masih alami, keindahan panoramanya memang tidak tergantikan, pasirnya putih dan masih bersih, ombaknya pun tidak terlalu tinggi sehingga sangat aman bagi pengunjung yang ingin berenang.

Pantai ini juga terkenalkan akan kekayaan biota lautnya, makanya tak heran banyak turis manca negara yang datang ke tempat ini melakukan olahraga snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang serta ikan hias di sana.

Sangat mudah untuk menuju ke lokasi Pantai Kondang Merak. Dari pusat kota Malang, Anda bisa melalui jalur ke arah Kepanjen, dari sana Anda nantinya akan banyak petunjuk jalan yang dapat mengarahkan Anda menuju lokasi. Namun sayangnya, akses jalan menuju ke pantai ini tidak bagus, berlubang dan belum diaspal.

Lokasi: Desa Sumberbening, kecamatan Bantur, Malang

Biaya masuk: Rp 5000

Transportasi umum: dari terminal Arjosari naik angkutan umum trayek AG (jurusan Gadang), berlanjut ke angkutan umum jurusan Gondanglegi, lalu menuju Bantur, lalu dilanjutkan dengan menyewa kendaraan atau ojek.

Tempat Wisata Sejarah di Malang

Candi Badut

Selain dipenuhi dengan berbagai tempat wisata alam, Malang ternyata juga menyimpan banyak tempat bersejarah yang sangat berharga, hal ini dapat dilihat dari banyaknya candi yang ditemukan di sana, salah satunya adalah Candi Badut.

Candi Badut berada di Desa Karangbesuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Candi yang telah berumur sekitar 1400 tahun ini dibangun pada era pemerintahan Kerajaan Kanjuruhan yang telah berdiri sejak abad 6 Masehi.

Rute untuk menuju candi sebenarnya sangatlah mudah, yakni melalui Jalan Retawu disebalah utara Museum Brawijaya. Atau Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum jurusan Tidar arah menuju Institut Teknologi Nasional.

Untuk dapat menikmati cagar budaya ini, pengunjung tidak dikenakan tarif khusus, namun sukarela pada waktu mengisi buku tamu.

Lokasi: Jl. Raya Candi VD, Dau, Kota Malang

Biaya masuk: Gratis

Transportasi umum: angkutan umum trayek AT (Arjosari-Tidar) turun di pojok Jalan Himalaya lalu jalan kaki 300 meter.

Museum Malang Tempo Doeloe

Jika Anda tertarik untuk mengenal sejarah Malang, Anda bisa langsung mengunjungi Museum Malang Tempo Doeloe. Di museum tersebut, Anda bisa melihat secara utuh sejarah kota Malang dari berbagai era, mulai dari zaman kerajaan, era revolusi, hingga saat ini.

Di museum tersebut, Anda pun bisa juga melihat berbagai benda peninggalan kerajaan yang pernah menguasai kota malang seperti batu prasasti, alat pembuat keris, tembikar dan lain-lain.

Museum Malang Tempo Doeloe sendiri beralamat di Jalan Gajahmada, Malang, Kota Malang, persisnya berada di belakang Balaikota Malang. Nah, untuk masuk ke museum ini setiap pengunjung dikenakan biaya Rp 25 ribu.

Lokasi: Jl. Gajahmada, Malang (belakang Balaikota Malang)

Biaya masuk: Rp 25.000

Transportasi umum: dari stasiun kota Malang naik angkutan umum trayek ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) atau AG(Arjosari Gadang), atau dari Terminal Arjosari naik angkutan umum trayek ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) atau AL(Arjosari-Landungsari)

Perpustakaan di Malang
Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang

Bagi Anda gemar untuk membaca buku, di Malang pun ada sebuah tempat perpustakaan di Malang yang sayang jika Anda lewati. Namanya Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang yang beralamat di Jalan Besar Ijen No.30 A, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Jika diperhatikan disain gedung perpustakaan ini terlihat sangat unik, warna cat gedungnya pun berwarna kuning cerah, sehingga sangat mudah untuk dikenali. Buku-buku yang disediakan di tempat ini sangatlah lengkap, mulai dari buku anak-anak, komik, novel, buku pelajaran sekolah, buku pengetahuan umum, ensiklopedia, kamus dan lain-lain.

Bahkan untuk memanjakan pengunjung di tempat ini juga disediakan berbagai fasilitas yang menarik seperti area hotspot, ruang baca anak, ruang baca umum, ruang pameran, ruang diskusi, data penilitian, tempat bermain untuk anak, ruang pertemuan, hingga café.

Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang ini dibuka Senin hingga Jumat pukul 08.00 -20.00, hari Sabtu 09.00 – 16.00 sementara di hari Minggu pukul 10.00 -17.00. Untuk masuk ke Perpustakaan ini setiap pengunjung tidak dikenakan biaya, alias gratis.

Lokasi: Jl. Besar Ijen No.30 A, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

Biaya masuk: Gratis

Transportasi umum: naik angkutan umum trayek ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) atau AL(Arjosari-Landungsari)

Tempat Olahraga di Malang
Alun-alun kota Batu

Nah, bagi Anda yang gemar berolahraga, di Malang juga ada lokasi yang dapat dijadikan tempat olahraga yang murah dan mengasyikan, tempatnya di Alun-alun Kota Batu. Oleh masyarakat di sekitar Kota Batu, tempat ini kerap dijadikan tempat favorit untuk berolahraga setiap paginya.

Alun-alun Kota Batu berada di Jalan Agus Salim, Kecamatan Batu, Kota Batu. Selain dijadikan tempat olah raga, alu-alun ini juga kerap dijadikan untuk tempat wisata yang murah bagi masyarakat. Di tempat ini Anda dapat menemukan berbagai fasilitas yang menarik, seperti tempat bermain untuk anak, tempat duduk, ruang informasi berbentuk apel hingga sebuah bianglala berukuran besar. Untuk masuk ke alun-alun Kota batu setiap pengunjung tidak dikenakan biaya sepeser pun, namun untuk naik bianglala Anda harus membayar uang sebesar Rp 3000.

Lokasi: Jl. Agus Salim, Batu, Malang

Biaya masuk: Rp 3000

Transportasi umum: dari arah Stasiun Kota Baru naik angkutan umum trayek AL atau ADL ke Landung Sari, lalu dilanjutkan dengan angkutan BL,BJL,BTL menuju Batu.

Alun-alun Kota Malang

Di Kota Malang, saat ini ada sebuah tempat yang sedang menjadi buah bibir, yakni Alun-alun kota Malang, tempat ini baru saja dipugar oleh Pemerintah Kota Malang. Setelah dipugar, tempat ini sekarang menjadi ikon baru kota Malang.

Alun-alun kota Malang berada di Jalan Merdeka Timur, Malang, untuk menuju ke lokasi sangatlah mudah, karena memang posisinya yang berada di pusat kota, dekat dengan pusat perbelajaan seperti Gajahmada Plaza, Mitra Plaza dan Kantor Pos Malang dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang.

Setelah direnovasi, sekarang alun-alun kota Malang telah dilengkapi dengan berabagai fasilitas yang menarik seperti wahana untuk anak, gazebo mini yang tersebar di berbagai sudut, tempat duduk hingga air mancur yang dipenuhi dengan lampu LED sehingga ketika malam air mancur akan tampak berwarna. Untuk masuk ke area ini, setiap pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

Biaya masuk: Gratis

Transportasi umum:naik angkutan umum GA (Gadang-Rampal-Balaikota-Alun-Alun-Sukun-Gadang)

Sumber : http://www.lamudi.co.id/journal/tempat-wisata-malang-murah-gratis/